Slippytown.com

Beberapa Kota Mati Yang Mengerikan Di Dunia

Tehnik Bermain Gamelan Jawa

Tehnik Bermain Gamelan Jawa

Hampir semua orang tentu telah mengetahui apa itu gamelan, namun hanya segelintir orang saja yang memahami cara bermain gamelan. Gamelan merupakan alat musik khas Jawa dan sudah cukup terkenal di seantero dunia. Gamelan terdiri beberapa peralatan musik antara lain kendang, demung, saron, peking, boning, kenong, slenthem dan gong. Ada juga gender, gambang, rebab  dan mungkin yang lain yang belum sempat disebutkan. Kesemua peralatan gamelan tersebut membutuhkan keahlian khusus dalam memainkannya dan butuh waktu belajar yang tak singkat. Untuk menguasai satu peralatan gamelan saja membutuhkan waktu, apalagi jika ingin menguasai semuanya tentu akan memakan waktu belajar yang lama. Terkait gambaran tentang alat – alat musik gamelan dan cara bermainnya akan diulas secara singkat pada artikel ini. Jika ingin menang dan mendapatkan uang asli, bisa bermain taruhan di domino online .

Tehnik Bermain Gamelan Jawa

Kendang merupakan salah satu alat musik yang cukup penting dalam perangkat gamelan karena berfungsi sebagai pengatur irama. Kendang dibuat dari bahan kulit hewan yakni sapi atau kerbau. Cara memainkan kendang adalah memukulnya dengan tangan tanpa menggunakan alat bantu. Cara memainkan kendang juga ada pakemnya tersendiri dan tak bisa sesuka hati. Perangkat gamelan berikutnya adalah demung, saron dan peking. Ketiga alat musik ini terbentuk dari enam atau tujuh bilahan yang ditumpangkan pada kayu. Ketiga alat ini hanya berbeda dari ukuran besarnya saja dimana yang paling besar demung, saron dan terkecil peking. Cara memainkannya adalah dengan menggunakan tabuh yang terbuat dari kayu. Masing – masing alat ini berada dalam satu oktaf. Alat gamelan berikutnya ada bonang. Bonang memiliki banyak sekali ukuran mulai dari yang besar hingga terkecil dengan mencakup oktaf tengah hingga tinggi. Terdapat tehnik khusus dalam memainkan irama bonang.

Alat gamelan yang paling besar adalah gong. Gong berfungsi sebagai penanda permulaan serta akhiran gending untuk memberikan rasa keseimbangan sesudah berlalunya alunan gending yang panjang. Gong sendiri ditabuh dengan alat pemukul. Berikutnya ada slenthem yang masih memiliki konstruksi mirip dengan gender. Slenthem punya oktaf paling rendah. Selain alat – alat diatas masih banyak lagi peralatan gamelan lainnya namun dengan cara memainkannya hampir sama memakai pemukul.

Stacey Myers